Laman

Senin, 14 Desember 2015

Ragam Tarian Sumba Timur


Budaya Sumba sangat beragam dan unik. Salah satunya adalah tarian. Dalam hal tarian, Kabupaten Sumba Timur, NTT adalah gudangnya. Di kabupaten ini terdapat beragam tarian lokal yang masih sering dipentaskan.
Tarian-tarian yang sering dipentaskan adalah Tari Kandingan, Tari Panapang Baru, dan Tari Ninggu Harama. Tari Kandingan adalah tarian untuk pernikahan atau penyambutan tamu maupun acara-acara adat. Tari Panapang Baru adalah tarian untuk menyambut pengantin wanita yang mau dipinang. Tari Ninggu Harama adalah tarian untuk menyambut pahlawan yang baru pulang dari medan perang. Tarian ini juga biasa di pakai saat menyambut orang-orang pemerintahan. Salah satunya adalah saat menyambut bapak SBY berkunjung ke Sumba.
Menurut Anas Kaku yang adalah penari yang sudah sangat akrab dengan semua jenis tarian Sumba Timur,  “Saya sangat menyukai tarian daerah. Saya mulai kenal dengan tarian sejak saya umur sepuluh tahun, karena di SD seni budayanya adalah tarian dan lagu daerah. Saya mulai bergabung di  sanggar Ori Angu dengan bimbingan ilmu tari dari Alm. Bapak Hendrik Pali. Semenjak itulah saya mulai diminta uantk tampil pada event-event” ungkapnya. 
“ saya sangat mencintai budaya Sumba, apalagi dengan tarian-tarian dari Sumba Timur, oleh sebab itu kedua orang tua saya memperkenalkan tarian Sumba Timur kepada saya sejak masih kecil” tutur Ela. (CHR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar