Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

Danau Tiga Warna




Jalan-jalan ke Ende belum lengkap jika belum berkunjung ke Danau Tiga Warna atau Danau Kelimutu yang berada di Gunung Kelimutu, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, NTT. Danau ini mempunyai tiga warna, yaitu warna merah, biru, dan putih. Warna-warna ini selalu berubah-ubah seiring perjalanan waktu.
Berdasarkan bahasa setempat, Kelimutu merupakan gabungan dari kata keli (gunung) dan mutu (mendidih). Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna-warna pada Danau Kelimutu mempunyai artinya masing-masing.
Danau berwarna biru merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau berwarna merah merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang-orang meninggal yang selama hidupnya selalu melakukan kejahatan. Sedangkan danau berwarna putih merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orangtua yang telah meninggal. 
Masyarakat setempat percaya, bahwa saat danau berubah warna, mereka harus memberi sesajen bagi arwah orang-orang yang telah meninggal. Mereka juga mengkeramatkan Danau Kelimutu karena diyakini telah memberi kesuburan untuk daerah-daerah sekitarnya sehingga upacara-upacara adat sering digelar di danau ini. Ayo berkunjung ke Danau Kelimutu. (YRT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar