Laman

Minggu, 13 Desember 2015

Pulau Komodo



Siapa yang tidak mengenal Pulau Komodo? Pulau yang baru-baru ini masuk dalam kategori New 7 Wonders of Nature mulai dilirik oleh wisatawan sebagai daftar tempat berlibur mereka selanjutnya. Pulau yang dihuni oleh ribuan hewan kadal raksasa ini mampu menyita perhatian masyarakat lokal bahkan sampai mancanegara.
Pulau Komodo menjadi salah satu pulau tempat habitat asli spesies purba di Indonesia. Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini berada di sebelah timur Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini merupakan pulau paling ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Pulau Komodo ini juga menyimpan beragam keindahan lainnya, seperti flora, yaitu kayu sepang yang biasa digunakan oleh warga untuk dijadikan obat dan pewarna pakaian. Sedangkan pohon nitak juga digunakan sebagai obat dan bijinya yang gurih dapat dijadikan kacang polong. 
Pulau ini juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena wilayah Taman Nasional Komodo bersamaan dengan Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili Motang. (CHR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar