Laman

Minggu, 13 Desember 2015

Air Terjun Cunca Rami



Apabila Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Flores bagian Barat, sempatkan waktu Anda untuk menyambangi dan berenang di Air Terjun Cunca Rami. Air terjun ini adalah satu dari tiga air terjun di tengah hutan tropis di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.
Pesona air terjun alami ini dapat Anda nikmati tepatnya di Desa Cunca Lolos yang merupakan pintu pendakian ke Puncak Mbeliling, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Flores,  Nusa Tenggara Timur. Berada di dalam kawasan Hutan Mbeliling, air terjun ini berfungsi sebagai sumber air bagi daerah sekitar termasuk Labuan Bajo.
Menurut Andre, salah satu Mahasiswa di Universitas Sanata Dharma, “Trekking di hutan menjadi kegiatan pertama yang dapat Anda lakukan saat menuju air terjun ini. Uniknya, saat menuju air terjun yang berada di ketinggian 1200 m dpl ini, jalur yang dilalui adalah rute menurun dan bukan mendaki seperti mengunjungi kebanyakan air terjun lain. Cukup dengan 45 menit hingga satu jam waktu yang Anda butuhkan untuk trekking menuju Cunca Rami.” katanya.
Dalam perjalanan menuju air terjun cantik ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang bervariasi. Jalur trekking dimulai dari perkampungan penduduk, melewati hutan pohon kemiri dan ladang penduduk yang mayoritas petani. Anda juga akan melintasi persawahan yang subur dan melihat kerbau-kerbau pembajak sawah bebas berkeliaran. Saat tiba untuk menyeberangi sungai kecil yang jernih, Anda sudah akan sampai di Cunca Rami.
Saat sesampainya di Air Terjun Cunca Rami, tidak ada kegiatan yang lebih menyenangkan yang dapat Anda lakukan selain berenang. Kolam alami yang terbentuk di kaki air terjun ini, memiliki air jernih, bersih, bebas kaporit dan dingin. Berdirilah tepat di bawah aliran air terjun untuk merasakan sensasi pijat saat debit air yang deras menyentuh kepala Anda. (WD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar