Laman

Minggu, 13 Desember 2015

Folk Game yang Tak Lekang Oleh Waktu



Game online sudah sangat digemari oleh manusia zaman sekarang sehingga permainan-permainan rakyat zaman dahulu hilang tertelan arus zaman. Namun, hal itu tak membuat salah satu permainan tradisional asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur ini ikut hilang ditelan zaman. Permainan ini sudah sangat terkenal dan menyebar ke seluruh Indonesia.
Permainan tradisional “Rangku Alu” atau disebut juga dengan Tari Tongkat ini biasanya dilakukan dalam masyarakat Manggarai untuk merayakan hasil panen perkebunan dan pertanian. Perayaan hasil panen tersebut biasanya jatuh pada bulan Juni hingga Juli setiap tahunnya.
Cara memainkan permainan ini cukuplah mudah, hanya dengan bambu sepanjang dua meter berjumlah empat buah, “Rangku Alu” dapat dimainkan secara bergilir. Dibutuhkan empat orang untuk memegangi tiap-tiap ujung bambu. Mereka bertugas menggerakkan bambu tersebut sesuai irama dengan membuka tutup bambu tersebut. Sedangkan  beberapa orang lainnya yang akan disebut sebagai penari akan mulai melompat-lompati sela-sela bambu tersebut dan tidak diperbolehkan kaki penari tersebut sampai mengenai atau tertangkap oleh bambu-bambu yang digerakkan oleh teman lainnya. 
Permainan “Rangku Alu” secara tidak langsung dapat melatih konsentrasi, ketangkasan, dan juga kelincahan seseorang. (FNF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar