Laman

Minggu, 13 Desember 2015

Negeri 1.000 Moko



Apa yang ada di benak Anda jika mendengar kata museum? Pernahkah Anda mengunjungi sebuah museum ketika Anda sedang berlibur ke suatu daerah? Museum apa saja yang pernah Anda kunjungi? Pertanyaan sederhana tersebut dapat terjawab ketika Anda mendengar Museum 1.000 Moko yang terletak di Pulau Alor.
Pulau Alor dikenal dengan sebutan Negeri 1.000 Moko karena benda tersebut berperan sangat penting bagi masyarakat Alor sejak zaman nenek moyang. Kebanyakan masyarakat Alor menyebutnya dengan “nekara perunggu” yang dipercaya sebagai pemberian Tuhan.
Moko merupakan benda sejarah peninggalan kebudayaan Dongson di Vietnam Utara sehingga orang Alor memiliki kepercayaan bahwa yang memiliki Moko hanyalah seorang bangsawan karena nilainya yang sangat tinggi. Jadi, tidak semua masyarakat Alor dapat memiliki Moko secara cuma-cuma.
Latar belakang mengenai Moko itulah, maka didirikan Museum 1.000 Moko yang telah mengoleksi 1.000 atau lebih senjata tersebut yang didapatkan dari masyarakat Alor sendiri maupun dari luar Alor. Terdapat berbagai macam bentuk dan ukuran senjata tersebut yang ada di Museum 1.000 Moko.
Museum ini juga menyimpan berbagai macam peninggalan prasejarah maupun benda sejarah. Oleh karena itu, museum ini menjadi bukti bahwa Pulau Alor memiliki budaya yang unik dan beragam. 
Selain Moko, Museum 1.000 Moko juga menampilkan benda budaya lainnya seperti alat tenun, kain tenun, gerabah, alat nelayan tradisional, alat pertanian, dll. (FNF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar