Laman

Senin, 05 Oktober 2015

Weekuri: Ini Danau atau Kaca?




“Ini danau atau kaca?” Ungkapan tersebut yang mungkin akan Anda ucapkan ketika melihat keindahan danau yang satu ini. 
Danau Weekuri merupakan danau yang memiliki keindahan luar biasa. Danau ini menjadi salah satu objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Keunikan danau ini menjadi salah satu kunci keistimewaannya. Air payau berwarna biru bening terbentang luas dengan pasir putih yang menjadi dasar danau tampak jelas dengan mata telanjang.
Danau Weekuri terletak di Desa Koroso, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Sekitar 60 km dari Ibukota Sumba Barat Daya. Danau Weekuri merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Pulau Sumba yang diresmikan pada tahun 2007.
Danau ini unik karena memiliki beberapa mata air sehingga warnanya bervariasi. Ada warna bening cerah kehijauan, dan juga gelap. Tak hanya itu, danau ini juga memiliki suhu air yang fluktuatif, kadang hangat dan kadang dingin.
Akses untuk menuju ke danau ini cukup mudah. Pengunjung dapat mengendarai mobil atau motor dengan jarak tempuh sekitar 60 km dari Ibukota Sumba Barat Daya. Selama perjalanan menuju Danau Weekuri, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa sabana yang luas.
Menurut masyarakat setempat, waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Danau Weekuri adalah pada bulan Januari hingga Agustus karena pada saat itu musim kemarau sehinngga air yang terdapat di dalam danau itu terlihat bening seperti kaca. (WD)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar