Laman

Senin, 05 Oktober 2015

Pesona Tamkesi di Balik Bukit Rindang




‘Surga’ tersembunyi ini berada jauh di Indonesia bagian timur tepatnya di Kota Kefamenanu. Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan tenaga ekstra dan juga sejumlah uang karena tempat ini berada jauh dari perkotaan. Dari pusat Kota Kefamenanu, butuh sekitar dua jam untuk mencapai tempat ini. Tentunya Anda membutuhkan jasa angkutan seperti bis dan motor. Anda juga akan menggunakan kaki Anda sendiri karena akan bertemu dan bergulat dengan berbagai medan. Namun ketika sudah tiba di sana, akan terbayar semua keluhan Anda.
Tamkesi  adalah sebuah istana dari Kerajaan Biboki di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT, yang dibangun sekitar tahun 70-an. Tamkesi dianggap suci dan juga sebagai pusat kerajaan yang ditata berdasarkan klasifikasi tertentu. Di sana terdapat dua gunung batu kembar.
Gunung yang berada di bagian timur mewakili unsur lelaki. Sedangkan gunung di bagian barat mewakili unsur wanita dan keduannya dianggap sebagai pengawal kerajaan. 
Di sana raja membangun istana tepat di bagian barat. Ia tidak pernah meninggalkan pusat kedudukannya. Di istananya terdapat mata air sebagai simbol bumi, juga dibangun Neno Biboki (Surga Biboki) sebagai rumah upacara adat dan tempat menyimpan benda-benda upacara. (YRT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar